Tuesday, April 19, 2016

Indikator orang yg ikhlas

indikator orang ikhlas adalah mereka yang senantiasa menyembunyikan amalan sholeh mereka dalam beramal dan menjadi pribadi yang begitu khusyu ketika disaat kesendiriannya dan menebarkan amalan kebaikan yang tidak pernah kurang disaat manusia tidak ada yg memandang, sehingga tampaklah cahaya iman dan kesholehannya disaat dia hanya berduaan dengan Allaah
.
.
Salamah bin Dinar mengatakan, "sembunyikanlah amalanmu melebihi dari apa yang kamu sembunyikan dari keburukanmu." (Hilyatul Auliya III/240)
.
.
sebagaimana hal ini dituturkan oleh orang-orang sholeh dalam kehidupan mereka, sebagaimana Umar bin Khattab selalu bersembunyi membagikan bantuan kepada orang fakir di madinah di waktu malam. (Hilyatul Auliya l/48)
.
.
dan Ali bin Husain menyantuni 100 rumah di madinah. setiap waktunya, tidak ada yang mengetahui perbuatan beliau sehingga ketika ia meninggal dunia maka barulah orang-orang mengerti apa yang beliau bagikan dengan tanda hitam di punggungnya dan sejak kematian beliau maka bantuan itu terhenti. (Siyar Alamun Annubala lll/393)
.
.
lalu, Dawud bin Hindun berpuasa sunnah selama 40 tahun dan dalam waktu selama itu beliau tidak diketahui oleh keluarganya.
.
.
semua kisah nyata ini menyimpulkan, bahwa semakin besar ikhlasnya seseorang maka semakin besar dia akan menyembunyikan amalannya, karena khawatirnya dirinya bahwa pahala Allaah akan tertukar dengan pujian yang melalaikan